Headlines News :
Home » » Solarbox: Inovasi Baru Buat Pengguna Smartphone

Solarbox: Inovasi Baru Buat Pengguna Smartphone

Nampaknya sekarang ini semua orang memiliki handphone, mulai dari seorang pelajar sampai orang yang kerja di kantoran punya semua  Kebutuhan akan barang bernama gadget ini nampaknya sudah menjadi kebutuhan sehari-hari  Namun, pernahkan agan mengalami saat di jalan tiba-tiba gadget agan lowbat  Padahal masih ada banyak urusan yang harus diselesaikan pake gadget itu  Mau pulang trus nge-charge juga nanggung gan, tapi masa harus mati sih gadget-nya?  Nah atas dasar itulah mulai banyak inovasi gan, baik itu dari sisi internal ataupun eksternal gadget itu sendiri demi kenyamanan penggunanya 
Mulai dari adanya mode Power Saving pada gadget, besarnya kapasitas baterai, sampai proses charging yang cepat  Namun kali ini ada suatu inovasi yang berbeda dari ranah Inggris, apa itu? Inovasi itu adalah Solarbox gan  Apa sih Solarbox ini dan apa kegunaannya gan?  Nah daripada bingung mending langsung aja yuk kita bahas, baca secara seksama penjelasan ane ya gan 


Quote:Quote:

Beberapa surat kabar lokal mengabarkan soal ikon baru bagi Kota London, yakni solarbox. Sebuah fasilitas umum gratis pengisian baterai gawai yang dikemas berupa boks, menyerupai boks telepon umum merah yang legendaris. Turis di London, terutama yang baru pertama kali, selalu berusaha berfoto bersama boks telepon umum bercat merah, yang saat ini hanya berfungsi sebagai ornamen kota. Kini, amat jarang kita bisa melihat telepon umum itu digunakan oleh publik. Meski, teleponnya sendiri masih berfungsi baik—walaupun kadang tercium bau pesing di dalam boks.

Solarbox tampil dalam cat hijau terang dengan desain menyamai versi boks merah. Sesuai namanya, solarbox memanfaatkan tenaga surya. Niat yang mulia mengingat London kerap diselimuti mendung dan cuaca tak menentu. Beberapa solarbox gelombang pertama hadir per 1 Oktober lalu di kawasan Tottenham Court Road, di pusat kota. Kawasan ini juga mudah dijangkau dengan tube melalui jalur central line berwarna merah. Tepat di mulut keluar masuk stasiun tube di Tottenham Court Road, solarbox berdiri berdampingan dengan saudara tuanya: the red telephone box. Boks telepon merah tersebut telah identik dengan negeri Inggris sejak tercipta di tahun 1924.


Quote:

Di dalam solarbox, kita bisa mengisi ulang baterai untuk segala macam gadget, seperti telepon seluler, tablet, dan kamera, dengan aneka ukuran mulut USB. Kita tinggal menancapkan kabel USB yang tertanam di dalam boks pada ponsel kemudian menunggu beberapa menit. Pengisian baterai selama sekitar 10 menit dapat memenuhi baterai ponsel hingga 20 persen, meskipun bergantung pada jenis gadgetnya. Solarbox mungkin menjadi cermin semangat kota ini untuk mengusung energi bersih.

Sebenarnya solarbox mengambil ide dari saudara tuanya, yaitu the red telephone box. Hanya menggantikan warnanya menjadi hijau dan menanamkan panel solar 150-watt. Dari awal peluncurannya per 1 Oktober 2014, solarbox ini bisa melayani hingga 85 pengguna gadget dalam sehari. Solarbox sendiri buka setiap hari dalam setahun, dan tersedia dari jam 5:30 pagi sampai 11:30 malam, lebih dari itu solarbox akan dikunci.


Quote:

Solarbox ini adalah renovasi terbaik dari telepon umum, dengan boks berwarna hijau disekujur tubuhnya. Di dalamnya terdapat berbagai slot USB untuk berbagai jenis gadget yang digunakan untuk charging dan juga sebuah layar kecil yang digunakan untuk menampilkan beberapa iklan kecil. Layar monitor selain untuk menampilkan iklan juga untuk menyembunyikan Vandal atau mesin dari perangkat charging dalam solarbox ini.

Sejak pelucurannya juga solarbox telah mendapatkan banyak penghargaan. Solarbox adalah pemenang penghargaan di kategori Social Enterprise Funded dari LSE Kewirausahaan dan Siemens Mobile. Dan juga solarbox mendapat posisi kedua di acara Mayor of London’s Low Carbon Entrepreneur of the Year. Banyak warga London berharap inovasi ini akan terus berkembang dan banyak tersebar di sudut kota London.

Quote:

Ide solarbox ini lahir dari 2 orang mahasiswa, yaitu Harold Craston dan Kirsty Kenney pada tahun 2013. Saat itu Harold sedang berjalan pulang ke rumah saat ia mendapatkan ide brilian ini, dan ia mendiskusikan hal ini dengan Kirsty. Lalu diawal tahun 2014, Derrick van Voorst, bergabung ke dalam tim ini. Ia adalah ahli di bidang solar dan tenaga matahari.


Nah gimana gan, keren gak tuh inovasinya?  Jadi buat para pencinta gadget yang gak bisa lepas dari lepas dari gadgetnya bisa bernafas lega ya gan kalo lagi lowbat  Sayangnya solarbox ini baru ada di Inggris gan  Kita berdoa aja biar para vendor di sana mau kirim beberapa solarbox ke Indonesia  Atau mungkin beberapa ilmuwan Indonesia bisa bikin sendiri inovasi kek gitu 


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. posting top - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template